MTCRE Hari Terakhir + Exam | BLC Telkom Klaten

Assalamu'alaikum WR.WB
 
A. Pendahuluan
Bismillahirrahmanirrahim, Pada kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang berisi tentang Training MTCRE Hari Terakhir sekaligus Exam/Ujian Sertifikasi MTCRE di BLC Telkom Klaten, Materi yang dibahas yaitu tentang VLAN, EOIP, IPIP, tapi kali ini saya akan membahas VLAN.

B. Pengertian
VLAN adalah sebuah logical group yang memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan user yang lain tapi terisolasi dari user lain yang berbeda group.

C. Latar Belakang
host dan server terhubung ke layer 2 switch  merupakan bagian dari network yang sama. apabila network sudah menjadi lebar maka akan menjadi masalah, maka dari itu diperlukannya vlan
 
D. Maskud Dan Tujuan
Untuk mengurangi trafic broadcast
 
E. Pembahasan
VLAN dapat membentuk domain broadcast sendiri-sendiri dalam jaringan fisik. Vlan bekerja di layer data link dengan standarisasi 802.1Q. Mikrotik memmungkinkan membuat beberapa virtual lan unutk memisahkan jaringan (group) disebuah interface ethernet atau wireless.
  • Panjang total Vlan tag adalah 4 byte (32bit), panjang bit untuk VLAN ID adalah 12 bits
  • Jumlah ID yang bisa digunakan adalah 1-4095
  • Standar Maximum Transfer Unit (MTU) untuk ethernet frame adalah 1500 byte
  • Maka MTU untuk Vlan trunk adalah 1500+4 = 1504 bytesMTU untuk Vlan over Vlan adalah 1500+4+4 = 1508 bytes
Switch Port Pada VLAN

Ada 2 jenis port/switch port pada VLAN:
  1. Edge Port : switchport yang dikonfigurasikan sebagai bagian dari vlan. Switchport ini tidak mengirimkan 4 byte tag. digunakan oleh device seperti komputer.
  2. Core Port : switchport yang dikonfigurasi untuk mengirim 4 byte vlan tag. digunakan oleh device yang mensupport vlan seperti router dan switch.
Setelah itu dilanjutkan dengan Exam atau sering disebut ujian pada malam harinya, dan akhirnya Alhamdulillah saya lulus dan mendapatkan score yang pas-pasan, berikut ini adalah sertifikat yang didapat dari exam MTCRE:

F. Kesimpulan
VLAN berguna untuk memecah traffic.

G. Referensi

MTCRE Presentation Material
 
Wassalamu'alaikum WR.WB
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Followers

Total Pageviews

Translate