Remote MikroTik Via Mac Telnet Pada Terminal Linux

Assalamu'alaikum WR.WB

A. Pendahuluan
Bismillahirrahmanirrahim, pada kali ini saya akan memberikan sedikit artikel berisi tutorial cara remote mikrotik menggunakan mac adress melalui mactelnet pada terminal linux, langsung saja kita menuju materi.

B. Pengertian
  • Alamat kontrol akses media ( MAC address ) dari sebuah perangkat adalah pengenal unik yang diberikan ke pengontrol antarmuka jaringan untuk komunikasi pada lapisan data link dari segmen jaringan. Alamat MAC digunakan sebagai alamat jaringan untuk sebagian besar teknologi jaringan IEEE 802 , termasuk Ethernet dan Wi-Fi . Dalam konteks ini, alamat MAC digunakan pada sublayer protokol kontrol akses menengah.
  • Telnet adalah protokol yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk menyediakan fasilitas komunikasi berorientasi teks dua arah interaktif menggunakan koneksi terminal virtual. Data pengguna diselingi in-band dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data berorientasi byte 8 bit melalui Transmission Control Protocol (TCP).
C. Maksud Dan Tujuan
MikroTik tidak hanya diakses oleh winbox saja, tetapi bisa juga menggunakan Mac Telnet ini.

D. Alat Dan Bahan
  • MikroTik Routerboard
  • PC/Laptop
  • Mac Telnet Pada Terminal Linux
E. Pembahasan
  1. Masuk dulu sebagai root pada terminal linux.
  2. Instal Mac Telnet dengan perintah "apt-get install mactelnet-client".
  3. Untuk mengetahui mac-address mikrotik ketik perintah "mactelnet --help" dan copy mac-addressnya dengan cara blok mac nya lalu "ctrl+shift+c".
  4. Kemudian masukkan perintah "mactelnet (mac-address mikrotik)" dan masukkan user serta passwordnya.
  5. Selesai.
F. Kesimpulan
Kesimpulannya yaitu agar kita mudah mengakses mikrotik dengan mac-address jika kalian belum sempat menginstal wine pada distro linux kalian.

G. Referensi
-

Dicukupkan hanya sekian dari artikel ini, mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata pada artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, Terimakasih.

Wassalamu'alaikum WR.WB 
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Followers

Total Pageviews

Translate