Konfigurasi EtherChannel | Cisco Packet Tracer

Assalamu'alaikum WR. WB

A. Pendahuluan
Kali ini saya akan mengkonfigurasi etherchannel pada cisco packet tracer, sebelum mengetahui konfigurasinya sebaiknya kita harus mengetahui apa itu etherchannel?

B. Pengertian
EtherChannel adalah teknologi agregasi link port atau arsitektur port-channel yang digunakan terutama pada switch Cisco . Hal ini memungkinkan pengelompokan beberapa tautan Ethernet fisik untuk menciptakan satu tautan Ethernet logis untuk tujuan memberikan toleransi kesalahan dan tautan berkecepatan tinggi antara switch, router dan server. Sebuah EtherChannel dapat dibuat dari antara dua dan delapan aktif Cepat, Gigabit atau 10-Gigabit Ethernet port , dengan satu tambahan delapan aktif ( failover ) port yang menjadi aktif sebagai port aktif lainnya gagal. EtherChannel terutama digunakan di jaringan backbone , namun juga dapat digunakan untuk menghubungkan mesin pengguna akhir.

C. Latar Belakang
Dalam suatu jaringan sering terjadi masalah pada media transmisinya, sehingga perlu perawatan yang lebih. Daripada harus melakukan perawatan atau pengecekan, kita bisa menggunakan Etherchannel untuk membuat jalur cadangan apabila jalur utama bermasalah.

D. Tujuan

  • Membuat jalur data yang memiliki bandwidth lebih besar.
  • Membuat pengalihan jalur apabila jalur utama mengalami masalah
E. Alat Dan Bahan
  • PC/Notebook
  • Cisco Packet Tracer
F.  Pembahasan


  1. Buatlah topology seperti yang saya buat.
  2. Konfigurasi Switch0 dan Switch1 dengan masuk dulu ke range interface 1-2 lalu mode trunk (hanya salah satu switch saja yang di mode trunk karna salah satunya otomatis akan mode trunk dengan sendirinya)  > protocol pagp > dan mode desirable dikedua Switch.
    Untuk konfigurasinya bisa dilihat dibawah ini.
    Switch>en
    Switch#conf t
    Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
    Switch(config)#int range fa0/1-2 (isi dengan interface yang kamu pasang)
    Switch(config-if-range)#switchport mode trunk (hanya salah satu switch saja)
    Switch(config-if-range)#channel-protocol pagp
    Switch(config-if-range)#channel-group 1 mode desirable


  3. Setelah itu lihat bedanya, warna indikator menjadi hijau semua karna sudah dikonfigurasi etherchannel, berbeda dengan sebelumnya yang salah satu dari switch ada yang warnanya jingga.
  4. Selesai, apakah konfigurasi ini mudah atau bagaimana? silahkan tanggapannya isi di kolom komentar.
G. Kesimpulan
Etherchannel difungsikan untuk membuat jalur data yang lebih besar dan membuat cadangan jalur apabila jalur utama bermasalah.

H. Referensi

Wassalamu'alaikum WR.WB
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Followers

Total Pageviews

Translate