MTCNA Hari Pertama | BLC Telkom Klaten

Assalamu'alikum WR.WB
Image result for GAMBAR TRAINING MTCNA

A. Pendahuluan
Bismillahirrahmanirrahim, Pada kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang berisi tentang Training MTCNA Hari Pertama di BLC Telkom Klaten, oke guys langsung saja kita simak artikel berikut ini.

B. Pengertian
MikroTik adalah produsen perangkat jaringan dengan menggunakan sistem operasi yang dikenal dengan nama RouterOS. Selain itu MikroTik juga menawarkan program sertifikasi yang ditujukan kepada engineer jaringan dalam mengelola jaringan dengan menggunakan perangkat dari MikroTik. Dalam dunia IT sertifikasi sangat penting karena merupakan suatu nilai lebih dari pemegang sertifikasi tersebut. Selain itu sertifikasi merupakan pengakuan dari vendor atau asosiasi terhadap kemampuan dari pemegang sertifikasi pada bidang tertentu.

C. Latar Belakang
Mengikuti Training MTCNA yang diadakan di BLC Telkom Klaten

D. Maksud Dan Tujuan
Bisa memahami apa yang disampaikan oleh trainer agar mendapatkan peluang untuk lulus disaat ujian besok lusa.

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
Jangka waktunya dimulai dari pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 18:00 WIB
pada training hari ke – 1 :

  • Pembahasan tentang MikroTik dan sejarahnya
  • Mengenal produk-produk dari MikroTik
  • Cara mengamanan MikroTik
  • Cara membackup dan merestore pada mikrotik , Netinstal dan juga setting router ISP

F. Pembahasan
Secara umum dari semua program sertifikasi MikroTik di atas dibagai menjadi 3 level yaitu:
  • Level Basic: MTCNA
  • Level Advanced: MTCWE, MTCRE, MTCTCE, MTCUME
  • Level Expert: MTCINE 
Untuk dapat mengikuti sertifikasi pada level Advanced atau Expert, peserta harus sudah mengambil sertifikasi level Basic (MTCNA) terlebih dahulu. Sertifikasi MTCNA dapat dilakukan di MikroTik Training Centers (MTC) yang banyak terdapat di kota-kota besar dengan biaya tertentu, atau dapat juga dilakasanakan di Mikrotik Academy (MA) yang ada di sekolah atau perguruan tinggi yang telah resmi menjadi MikroTik Academy. Program sertifikasi MTCNA di MikroTik Academy hanya dapat mengadakan pelatihan dan ujian sertifikasi kepada siswa yang ada di sekolah/perguruan tinggi itu sendiri. Sedangkan untuk sertifikasi level Advanced dan Expert hanya dapat dilakukan oleh MikroTik Training Centers.
1 .Pengamanan pada routerboard
     Untuk dapat mengamankan mikrotik dapat dilakukan dengan cara :
     a. Memberi Identity pada routerboard.
     b. Management user.
     c. IP Services.
     d. MAC Server.
     e. Mematikan MNDP.

2. Membackup, Mengexport, Merestore, dan Mengimport Konfigurasi Mikrotik      Untuk dapat membackup sebuah konfigurasi ada 2 macam cara yang dapat digunakan yaitu, pertama melalui File >.> Backup. Jika membackup melalui menu File, berarti semua konfigurasi akan terbacup termasuk username dan password. File hasil Backup ini akan bertype '.backup'. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan Export. Export ini berbeda dengan backup yang sebelumnya. untuk jenis backup ini tidak semua konfigurasi dapat terbackup, artinya kita dapat menentukan konfigurasi mana saja yang akan dibackup.

G. Dokumentasi Kegiatan
Berikut foto-foto dokumentasi kegiatan training MTCNA pada hari pertama:




H. Kesimpulan
Dengan adanya training ini kita dapat menambah ilmu yang bermanfaat dan bisa memahaminya, dan yang diinginkan dari training ini yaitu bisa lulus dalam tahap ujian.

Wassalamu'alikum WR.WB
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Followers

Total Pageviews

Translate